Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Terwujudnya Kendal yang Beriman, Bertaqwa, Cerdas, Terampil dan Berbudaya

21 Juli 2013

“JIMAT: Alternatif Model Pembinaan Kepala Sekolah dan Guru di Kabupaten Kendal

Posted by Utomo 10:34 PM, under , | 1 comment




Karya tulis ini merupakan deskripsi pengalaman menjadi pengawas di Kabupaten Kendal yang ditulis dalam bentuk best practices. Dalam proses pembinaan salah satu peran pengawas adalah sebagai sumber informasi bagi kepala sekolah dan guru namun sering terkendala oleh terbatasnya waktu. Untuk itu dipilih “JIMAT” (Jaringan Inovasi Pendidikan dan forum diskusi Jum’at) sebagai alternatif model pembinaan kepala sekolah dan guru di Kabupaten Kendal. Permasalahan yang diangkat adalah : bagaimana pelaksanaan model dan hasil/dampak pembinaan menggunaan JIMAT?.


Tahapan pelaksanaannya adalah: (1) membuat web blog jipkendal.blogspot.com, (2) melakukan sosialisasi, (3) mengundang guru-guru menjadi kontributor,dan (4) membentuk forum diskusi. Dampak/ hasilnya adalah; (1) terjadi peningkatan kesadaran dan motivasi belajar guru dalam memanfaatkan teknologi informai , (2) terbentuk learning community, dan (3) peningkatan prestasi guru. Model pembinaan ini tidak memiliki kendala yang berarti bahkan terdukung oleh perkembangan jejaring sosial dan semakin mudahnya akses internet. Sedangkan untuk diskusi Jum’at menghadapi kendala waktu dan cuaca.


Pengembangan yang direncanakan adalah (1) memperluas cakupan isi dan kualitas pengelolaan web, (2) menambah fitur-fitur lebih bermanfaat, (3) menayangkan prestasi-prestasi sebagai rujukan,dan (4) memanfaatkan group dalam jejaring sosial untuk media diskusi implementasi kurikulum 2013.


Simpulan dari best practices ini adalah (1) tahapan operasional model pembinaan dilakukan menyiapkan web-blog jipkendal.blogspot.com, sosialisasi kegiatan, melibatkan kepala sekolah dan guru menjadi kontributor materi, dan membentuk forum diskusi, (2) hasil dan dampak penerapan model pembinaan adalah meningkatan kesadaran dan motivasi guru,mendorong terbentuknyai “learning community” dan meningkatkan prestasi.


Rekomendasi bagi para pengawas adalah agar disamping menggunakan model yang sudah ada dapat menerapkan model pembinaan menggunakan ”JIMAT”, dan kepala sekolah agar mensosialisai dan memotivasi guru dan karyawannya untuk menjadikan jipkendal.blogspot.com sebagai salah satu sumber informasi dan menfasilitasi sambungan internet yang bisa diakses secara bebas oleh guru, karyawan, dan siswanya.

1 komentar:

Semoga bermanfaat terus positif dan sukses selalu..
Pendidikan agama, budipekerti, karakter, empati, saling menghargai, ketaatan hukum, keberanian bermimpi, kejujuran, keberanian berpendapat,... /soft skill, tidak akan dapat berhasil maksimal walau diajarkan 3 jam perminggu, tapi perlu diselipkan ke dalam setiap mata pelajaran setiap hari. so kemampuan guru untuk kreatif dalam menyelipkannya sangat perlu untuk lebih ditingkatkan.
Salam, dan selamat berjuang.

Posting Komentar

Ass. wr. wb.
Trima kasih anda sudi meninggalkan komentar bagi kami, apapun isi komentar anda, kami yakin itu berangkat dari kepedulian anda tentang pendidikan terutama di Kabupaten Kendal ini.
Wassalam.

Penanda

Arsip Blog