Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Terwujudnya Kendal yang Beriman, Bertaqwa, Cerdas, Terampil dan Berbudaya

09 Juni 2008

KAV, Kendal ANti Virus, Eksplorasi Antivirus SIswa SMA Cepiring

Posted by Unknown 10:48 AM, under | 2 comments

(jipkendal)
Assalamualaikum wr. wb.

Ini adalah artikel dari seorang siswa SMA Cepiring yang mencoba untuk “belajar” mengaktualisasi diri lewat jagat IT dengan mencoba menanggapi permasalahan-permasalahan yang sering di keluhkan oleh rekan-rekannya, yaitu tentang marak dan berkembangnya virus-virus lokal di wilayah kendal pada khususnya dan di Indonesia pada umumnya, modul penyebaran dengan menggunakan media penyimpan flashdisk yang sangat populer dilakukan oleh siswa SMA yang pada akhirnya menyebabkan penyebaran virus menjadi tidak terkendali, untuk mencoba antivirus tersebut silahkan anda unduh dengan klik di sini

Silahkan menyimak artikel tersebut :

Kendal AV adalah salah satu AV local yang di program dan dikembangkan oleh pelajar-pelajar dari Kendal. Kendal Av ini sendiri merupakan antivirus yang tergolong masih Newbies dan kurang berpengalaman. Tapi bukanya KAV 2008 ( Kendal AV 2008 ) tidak bis berbuat apa-apa. Banyak sekali keunikan feature dan teknik yang ada pada Kendal AV sehingga memaximalkan performa KAV sendiri. Bahkan sebagian teknik dan feature jarang sekali dijumpai ( saya belum pernah menjumpai ) di AV Lokal lainya. 1 feature andalan KAV yang menjadikan KAV mampu diUpgrade oleh User tanpa harus mendownload KAv versi terbaru (jika ada) dengan membuat data base sendiri. Karena tool User Database memungkinkan KAV dapat membereskan hamper seluruh virus terkecuali Virus yang menggunakan teknik khusus, tentunya dengan bantuan User KAV sendiri. Pada dasarnya sebagian teknik yang digunakan KAV untuk mencari targetnya hasil karya programmer KAV sendiri antara lain L43 pattern (ceksum utama KAV ) ,PCS ( Code special untuk menangani Virus berteknik Stealth/Polymorpich ). Sehingga saya menyadari banyak sekali kekurangan dan kelemahan KAV 2008. Walaupun kekurangan itu diluar control dan kendali saya, saya selalu mencoba untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan itu selama masih ada kesempatan dan kekuatan. Disamping itu saya juga sadar tanpa adanya dukungan dana dan kemampuan yang yang cukup saya hanya bias berharap KAV bias terus kami ( team KAV ) kembangkan demi kemajuan IT di kab.Kendal khususnya. Demikianlah gambaran singkat tentang KAV 2008 yang merupakan AV tak berbayar dan tanpa jaminan Apapun.

Berikut merupakan KAV User setting, dimana User dapat mengatur Setting dari aplikasi AV sendiri sesuka User. Dengan settingan User sendirilah juga meentukan kemampuan dan Performa Scanning KAV out sendiri.

- Enable Filter Scan

Jika User memberikan tanda centang pada feature/opsi ini, maka File target Scanning dari KAV akan dipilih berdasarkan ukuran file. Sehingga ukuran file yang tidak memungkinkan irus akan dilewati / by passing oleh ceksum L43 sehingga sedikit menambah kecepatan KAV. Walupun sedikit menambah saran saya pakailah feature ini jika melakukan scanning.

- Enable L43 Pattern

Feature ini sangat penting untuk dipakai, karena dengan feature inilah KAV mengenali Virus di Internal DataBase + User Data base ( jika ada )

- Use KAV Heuristic

Feature ini memungkinkan KAv untuk menngenali MalScript yang ada di Komputer anda, tapi teknik Heuristic masih sederhana sehingga harus masih banyak untuk diperbaiki. Tapi teknik selection pada Heuristic KAV memungkinkan terjadinya hanya sedikit kesalahan. Tapi sejauh ini kesalahan itu belum saya dapati.

- Fix infected Doc’xls’exe

Menurut programmer feature ini sangat penting untuk anda, walaupun dengan feature ini kerja KAV agak sedikit lambat saat scanning. Tapi didalam feature inilah teknik PCS dikemas. Dengan teknik inilah kAV mampu mencari virus berteknik kusus yang bias menyusup dalam aplikasi. Smentara virus berteknik kusus yang bias ditangani Code tersebut dalah vbalman. Virus tersebut memang meresahkan masyarkat, karena kebanyakan AV local dapat dilaluinya. Sejauh ini pengujian Code PCS selalu berhasil mendeteksi VBalaman. Hasilnya juga saya cocokan berkali-kali dengan AVG. KAV + AVG sama hasilnya dalam pendeteksian Virus tersebut.

- Fix Lokal registry

Feature ini sebenarnya G’ penting, tapi bagi user awam penting juga she. Feature ini hanya berguna untuk mengembalikan nilai Registry Default yang dikotori virus. Ingat kemungkinan besar feture ini tidk sesuai dengan anda,, karena feature tersebut saya pernah mendapat saran. Sehingga rencana saya kalau masih memungkinkan untuk membuat KAV Hr-1 feature tersebut akan diganti dengan REG tool saja.

- Normalize Sys + Hide File

Feature tersebut berfungsi untuk mengembalikan attribute dari file / folder yang sebagian besar di Hidden oleh virus. Sehingga kadang-kadang user mers telah kehilangan data-datanya.

- Run On Start Up

Memungkinkan KAv berjalan di Start Up ( mungkin feature ini masih bermasalah )

- Enable Process Wather

Feature ini juga sangat penting menurut saya, karena dengan feature ini KAv akan memantau process di memory dan mencocokan dengan Data base internal dan User DataBase ( jika feature digunakan ) dan akan menterminate jika cocok dengan DataBase.

- Adding Your Database

Feature ini untuk menambahkan ceksum yang tersimpan pada User DataBase !

2 komentar:

ass, saya mahasiswi UNsoeD Pwt, tidak sengaja membuka blog anda.
keren...
anak SMA yang kreatif mang harus ky G2....
saya dukung deh, coz file2 penting saya sering kena virus

teri,a kasih komentarnya mas indra, silahkan di coba dan untuk informasi lebih lengkap silahkan kunjungi http://cepiringkendal.blog2.plasa.com

Posting Komentar

Ass. wr. wb.
Trima kasih anda sudi meninggalkan komentar bagi kami, apapun isi komentar anda, kami yakin itu berangkat dari kepedulian anda tentang pendidikan terutama di Kabupaten Kendal ini.
Wassalam.

Penanda

Arsip Blog