Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Terwujudnya Kendal yang Beriman, Bertaqwa, Cerdas, Terampil dan Berbudaya

23 Juli 2013

Informasi kegiatan Dit.PSMA subdit Pembelajaran dalam Implementasi kurikulum 2013

Bergulirnya kurikulum 2013 telah dimulai, berbagai kegiatan pun dilakukan dari penyiapan SDM dan pelengkap administrasi. sosialisasi kurikulum 2013 telah dilaksanakan dan pelatihan bagi guru sasaran pun telah selesai dilaksanakan. Pada awalnya kurikulum direncanakan untuk mapel bahasa Indonesia, sejarah dan matematika, tetapi pada perkembangannya semua mapel pun melaksanakan kurikulum 2013.
Subdit pembelajaran salah satu bagian dari Dit.PSMA telah melaksanakan kegiatan guna mengawal suksesnya kurikulum 2013 telah menyiapkan panduan pelaksanaan pembelajaran guna pendampingan dan pengawasan serta evaluasi keterlaksanaan kurikulum 2013.
Salah satu tahapan adalah penyusunan panduan pembelajaran yang didalamnya terdapat KI, KD, Silabus, analisis Kompetensi, RPP dan contoh video pembelajaran. kegiatan yang dilaksanakan tanggal 18 s.d. 21 Juli 2013 di hotel Horison bogor ini diikuti oleh 40 orang. Alhamdulillah saya bersama bu Septi Mantofani ikut didalamnya.

Hadir prof S.Hamid selaku ketua pengembang kurikulum 2013. pada kesempatan itu dilaksanakan diskusi berkaitan dengan pelaksanaan kurikulum 2013.
selanjutnya masing-masing tim Mata pelajaran berjumlah 19 diluar 3 mapel yang sudah memiliki buku yaitu matematika, bahasa Indonesia dan sejarah, menyusun panduan yang nantinya akan dijadikan pendampingan kegiatan pembelajaran bagi guru di satuan pendidikan. Isi panduan merupakan langkah pendidik dalam menyiapkan pembelajaran yaitu Linierisasi KD, Analisis Kompetensi, dan penyusunan RPP (KI, KD dan Silabus sudah tersedia)
Panduan tersebut rencananya akan difinalkan pada bulan agustus mendatang dan selanjutnya dijadikan panduan pembelajaran 2013 yang akan disosialisasikan melalui pendampingan dengan sistem cluster (10 sekolah pelaksanan kurik 2013). lima sekolah di kendal yaitu SMA N 1 BOJA, SMA N 1 KENDAL, SMAN 1 KALIWUNGU, SMA PMS, DAN SMA WELERI masuk dalam satu cluster dengan SMA N 1 Semarang. Hal ini dilakukan guna memudahkan pendampingan dan selanjutnya direncanakan pada bulan oktober akan ada kegiatan supervisi keterlaksanaan implementasi kurikulum 2013.
Demikian informasi ini kami sampaikan semoga bermanfaat guna memaksimalkan implementasi keterlaksanaan kurikulum 2013. Semangat pagi.




0 komentar:

Posting Komentar

Ass. wr. wb.
Trima kasih anda sudi meninggalkan komentar bagi kami, apapun isi komentar anda, kami yakin itu berangkat dari kepedulian anda tentang pendidikan terutama di Kabupaten Kendal ini.
Wassalam.

Penanda

Arsip Blog