Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Terwujudnya Kendal yang Beriman, Bertaqwa, Cerdas, Terampil dan Berbudaya

20 Agustus 2013

Membudayakan peserta didik untuk tidak jajan makanan di jalanan

Posted by sukasmo 8:57 AM, under , | 1 comment



Hampir semua makanan dan minuman yang dijual di luar pagar sekolah ataupun didalam sekolah mengandung bahan pengawet ataupun zat adiktif. Zat adiktif maupun bahan pengawet sering ditemukan adalah zat pewarna, zat pemanis, dan zat pengawet. Bahkan tak jarang kita menemukan didalam makanan yang dijual dan dikonsumsi oleh anak didik kita ada yang mengandung Rhodamin B, borak, dan formalin.
Bahan pengawet atau zat adiktif tersebut merupakan bom waktu bagi kesehatan yang sewaktu waktu bias menjadi penyakit kelas, sungguh sangat ngeri kalau kita banyangkan bahwa bahan pengawet atau zat adiktif itu ternyata sudah masuk kedalam tubuh buah hati kita.
Alangkah lebih baik jika kita mencoba untuk menghindarkan para siswa  kita ataupun buah hati tersayang dari mengonsumsi makanan ataupun jajanan yang di jual oleh para pedagang dilingkungan sekolah kita. Oleh karena itu kita harusnya tidak malu untuk meniru dan mengembangkan kebiasaan anak – anak TK yang selalu membawa botol minuman atau makanan olahan dari rumah ke sekolah. Dengan pola seperti ini para siswa atau buah hati kita tidak jajan makanan sembarangan. Memang sangat tidak mudah untuk mengubah kebiasaan untuk jajan makanan di sekolah.
Sebuah langkah kecil yang bisa menyelamatkan generasi penerus kita seandainya mulai SD sampai dengan SMA di sekolah masing – masing diwajibkan dan coba diterapkan budaya membawa makanan serta botol minuman olahan dari rumah sendiri – sendiri.Tentu aka nada sebuah pro dan kontra jika budaya ini kita terapkan mulai dari alasan rasa malu pada diri siswa kita, yang ribetlah ataupun ada yang mengatakan ada pesan sponsor  serta mungkin juga bisa timbul demo dari para pedagang yang biasa berjualan disekitar lingkungan sekolah.
Harapan penulis semoga langkah kecil dan pemikiran yang sangat sederhana ini ada yang mencoba menerapkan dan melaksanakan khususnya di SD dan SMP yang merupakan jenjang pendidikan dasar. Semoga langkah ini bias sedikit memberikan andil dalam membangun pendidikan berkarakter serta kegiatan yang dapat menyehatkan serta mencerdaskan jiwa raga anak bangsa ini.

1 komentar:

Sangat mengkhawatirkan tentang masalah higienitas jajanan anak-anak sekolah sekarang.... Sebaiknya dilakukan pengecekan dan penindakan yang berkala terhadap pedagang-pedagang yang tidak bertanggung jawab

Posting Komentar

Ass. wr. wb.
Trima kasih anda sudi meninggalkan komentar bagi kami, apapun isi komentar anda, kami yakin itu berangkat dari kepedulian anda tentang pendidikan terutama di Kabupaten Kendal ini.
Wassalam.

Penanda

Arsip Blog