Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Terwujudnya Kendal yang Beriman, Bertaqwa, Cerdas, Terampil dan Berbudaya

15 Oktober 2014

Memaksimalkan Fungsi Kegiatan Sholat Dhuhur Berjamaah diSekolah

Posted by Utomo 7:53 AM, under |

Kegiatan sholat dhuhur berjamaah di sekolah sudah banyak dilakukan oleh sekolah. Kegiatan ini merupakan bagian dari pembiasaan beribadah untuk menanamkan nilai-nilai religius di sekolah. Namun demikian menurut pengamatan penulis selama melaksanakan kunjungan ke sekolah kegiatan ini belum dimanfaatkan secara maksimal  sebagai wahana pembinaan kesiswaan. Fakta-fakta menunjukkan bahwa sholat dhuhur berjamaah masih menjadi aktivitas rutin. Siswa belum diberdayakan secara maksimal. Pada beberapa sekolah bahkan untuk bertugas sebagai muadzin saja siswa belum diberi kesempatan, apalagi sebagai imam dan pengisi kultum. Pada beberapa sekolah yang sudah memberi kesempatan siswa menjadi muadzin, imam atau pengisi kultum masih belum memanfaatkan penugasan siswa tersebut secara maksimal. Sekolah sudah merasa nyaman apabila siswa telah melakukan tugasnya sesuai jadwal yang direncanakan.
Padahal sebenarnya kegiatan sholat dhuhur berjamaah ini jika dikemas dengan baik akan bisa menjadi sarana untuk melakukan pembinaan secara efektif kepada para siswa. Hal ini tentu memerlukan kerjasama dan sinergi semua pihak mulai dari kepala sekolah, wakasek, pembina osis, guru mata pelajaran serta pengurus OSIS. Berikut adalah langkah-langkah memanfaatkan sholat dhuhur untuk membina siswa.
1. Menyusun jadwal siswa yang bertugas sebagai muadzin, imam dan pengisi kultum
2. Membagi tugas guru untuk melakukan pendampingan kegiatan menilai adzan, mempersiapkan materi kultum dan menilai kultum
3. Mendampingi kegiatan sholat dhuhur dan melaksanakan tugas sesuai fungsi masing-masing
4. Setiap selesai kegiatan guru melakukan pertemuan dengan siswa yang bertugas sebagai muadzin, pengisi kultum untuk diberikan umpan balik, saran dan masukan untuk perbaikan kualitas adzan dan kultumnya
5. Meminta siswa petugas adzan dan kultum untuk berlatih adzan dan kultum sesuai masukan dan saran guru
6. Meminta anak untuk melaporkan hasil latihannya dengan cara mengirimkan rekaman adzan atau kultum terbaik hasil latihan kepada guru
7. Guru memberikan penilaian dan  penguatan terhadap hasil laporan siswa
Insya Allah dengan cara demikian sholat dhuhur berjamaah tidak hanya sebagai kegiatan pembiasaan ibadah saja tetapi akan berfungsi maksimal sebagai wahana mpembinaan kesiswaan . Setiap hari akan dihasilkan muadzin-muadzin yang handal dan pengisi kultum yang terlatih. Selamat mencoba

Penanda

Arsip Blog