Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Terwujudnya Kendal yang Beriman, Bertaqwa, Cerdas, Terampil dan Berbudaya

19 Oktober 2014

Tips Mengoptimalkan Ruang Kelas Untuk Pembiasaan Sholat Berjamaah

Posted by Utomo 7:58 AM, under |

Tidak ada yang tidak sepakat bahwa pembiasaan sholat berjamaah perlu dilakukan di sekolah. Persoalannya adalah bagaimana jika sekolah tidak memiliki musholla.  Berikut adalah tips bagaimana  melakukan pembiasaan sholat jamaah dengan memanfaatkan ruang kelas.
  1. Buat kesepakatan dengan seluruh warga sekolah untuk melakukan sholat berjamaah dengan memanfaatkan kelas
  2. Kondisikan kelas selalu bersih dan suci dengan cara membersihkan secara rutin, dan tidak mengenakan alas kaki ketika masuk kelas
  3. Siapkan sumber air untuk mengambil air wudhu yang paling dekat dengan kelas, usahakan agar pemasangan kran air dan tempat wudhu tidak mengurangi estetika dan kebersihan lingkungan
  4. Kondisikan siswa untuk berbagi peran (peran menata kelas menjadi musholla, imam, dan pengisi kultum)
  5. Buat kesepakatan dengan siswa tentang waktu untuk keseluruhan kegiatan sehingga tidak mengganggu jam pembelajaran efektif atau sekolah memberikan waktu khusus untuk kegiatan ini
  6. Tugasi semua guru untuk menjadi pendamping kegiatan pada masing-masing kelas dan melaksanakan pendampingan secara optimal
Ketika memasuki waktu sholat sebagian siswa  ditugasi secara bergantian  menata kelas  dan sebagian yang lain mengambil air wudhu. Penataan kelas dilakukan dengan cara menggeser meja dan kursi yang ada sehingga di kelas tersebut ada space ruangan yang bisa digunakan untuk sholat berjamaah  sambil menunggu giliran mengambil air wudhu. Jika semuanya telah siap ada siswa yang dijadwal sebagai imam dan ada yang ditugasi menjadi pengisi kultum.
Keuntungan kegiatan ini antara lain (1) kelas terjaga kebersihannya, (2) anak berlatih tanggungjawab sesuai tugasnya, (3) anak berlatih disiplin waktu, (4) anak berlatih memimpin dan menjadi imam, (5) anak berlatih menghargai sesama. 
Keberhasilan kegiatan ini sangat tergantung pada :
1. Kekompakan  dan dukungan seluruh guru
2. Penyediaan sumber air dan kran air yang dekat dengan kelas 
3. Pendampingan oleh guru kelas masing-masing


Penanda

Arsip Blog