Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Terwujudnya Kendal yang Beriman, Bertaqwa, Cerdas, Terampil dan Berbudaya

04 Juni 2015

Kembali ke "Kitab Suci"

Posted by Utomo 8:27 AM, under |

Ibarat prabrik yang mengeluarkan produk barang,  saat diluncurkan di pasar tentu disertai dengan buku manual sebagai pedoman bagi calon pengguna agar barang yang dibeli dapat digunakan sesuai fungsinya, menjadi lebih awet karena terhindar dari kerusakan akibat salah prosedur penggunaan. Buku manual berfungsi sebagai kitab suci sebagai rujukan utama dalam penggunaan barang tersebut.
Demikian pula dengan kurikulum. Peluncuran sebuah kurikulum tentu dibarengi dengan "kitab suci" sebagai panduan bagi pelaksana kurikulum agar tidak "sesat jalan". Sayangnya banyak yang lupa dengan kitab sucinya. Ketika kurikulum 2006 dulu dilaksanakan banyak guru yang tidak membaca standar kompetensi lulusan, tidak membaca standar isi secara utuh. Bahkan ada yang mendapat Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar justru dari buku pegangan siswa. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dan penilaian pun tidak merujuk dari standar proses dan standar penilaian.
Sedangkan kepala sekolah yang mestinya memfasilitasi kegiatan pembelajaran melalui pemberian dukungan manajemen, sarana prasara dan keuangan juga tidak menjadikan standar pengelolaan, standar sarana dan prasarana serta standar pembiayaan sebagai rujukan. Akibatnya antara sarana yang dibutuhkan guru dengan yang disediakan oleh sekolah tidak sesuai.
Dalam implementasi kurikulum 2013 pun tak jauh berbeda. Saat diluncurkan kurikulum 2013 sudah dilengkapi dengan peraturan-peraturan pendukung mulai dari permen 65, 66, 67, 68 sampai 81A yang kemudian disempurnakan dengan peraturan menteri tahun 2014 mulai dari Permendikbud no 57, 58,59,60,62,63,64, 102,103,104,105,111. Jika semuanya dibaca dan dipedomani inysa Allah tak akan sesat jalannya. Mari kembali ke"kitab suci".

Penanda

Arsip Blog